Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2019

Home

Written by Super User
Category:

Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin 26 Maret 2018 menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun Anggaran 2019 dengan tema “Melalui Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Kita Wujudkan Masyarakat yang Lebih Sejahtera”. Acara ini sekaligus launching ePlanning di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Musrenbang RKPD merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak awal 2018, mulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum Konsultasi Publik, Forum Gabungan SKPD guna menyerap saran dari stakeholder termasuk hasil reses DPRD.

Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2019 dibuka langsung oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra didampingi Wabup H Hillalatil Badri, Sekda Drs H Thabroni Rozali, MM dan Kepala Bappeda Kabupaten Sarolangun Ir Dedy Hendry MSi. Selain itu Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2019 dihadiri perwakilan pemerintah pusat, yakni Direktur Tata Ruang dan Pertanahan PPN/Bappenas Uke Muhammad Husein, SSi, MPP dan Kasubdit Partisipasi Masyarakat dan Informasi Kemendagri Agung Herbowo, ST, MT. Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Sarolangun-Merangin, Fahrurrozi, AMd, Syopian, SE, Khairil, ST dan Nasri Umar SH, Bappeda Provinsi Jambi yang diwakili Kabid Sosial Budaya, Padli, kepala Bappeda kabupaten tetangga, pimpinan OPD Pemkab Sarolangun, delegasi kecamatan, tokoh masyarakat, OKP, LSM, mahasiswa, wartawan dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Sarolangun menyampaikankan bahwa Musrenbang kali ini merupakan musrenbang pertama yang dihadiri Bappenas dan Kemendagri. Menurutnya pelaksanaan pembangunan yang baik harus disertai dengan perencanaan yang baik dan matang serta semakin tinggi partisipasi masyarakat semakin bagus, karena kita tidak memprioritaskan keinginan, tapi mengutamakan kebutuhan  dan masyarakat sendirilah yang paling mengetahui kebutuhan itu. Bupati Sarolangun juga menyampaikan bahwa selain perbaikan infrastruktur pelayanan umum, Pemkab juga fokus peningkatan ekonomi masyarakat untuk menjawab tingginya angka kemiskinan dan pengangguran.